Sabtu, 25 Juni 2011

Indeks Prestasi (IP)

Teman, apa kabar dengan IP anda??
-IP saya tidak usa ditanya untuk semester ini,hoho- 

Ya, mungkin sebagian diantara kita mengatakan IP itu tidak penting, karena yang sangat dipentingkan adalah ilmu.
Tapi saya beranggapan IP itu sangat penting jika kita masih duduk di bangku perkuliahan, bahkan sama pentingnya dengan Ilmu. alasan saya berdasar pada sebuah pertannyan :
"bagaimana kita bisa lulus kuliah sesuai dengan yang kita harapkan jika IP kita rendah????"
Benar, jika kita tidak mendapatkan IP atau IP kita tidak mencukupi, kita pasti tidak bisa lulus dari kampus sesuai dengan yang kita harapkan. (itu fakta)
Tapi terserah anda teman, mau bilang IP itu penting atau tidak, itu urusan anda, karena semua orang punya pendapat yang berbeda.

Nah, disini saya tidak ingin mendebat masalah itu. disini saya ingin berbagi dengan teman-teman, apa itu IP dan bagaimana menghitung IP itu sendiri. Anehkan jika kita seorang mahasiswa gak bisa menghitung IP kita sendiri?  
Berikut sedikit catatan tentang IP atau Indeks Prestasi yang telah saya kutip, Semoga Bermamfaat...........

  1. Indeks Prestasi (IP) adalah nilai rata-rata yang diperoleh mahasiswa setelah menempuh sejumlah mata kuliah. Indeks Prestasi dibedakan menjadi IP semester dan IP Kumulatif.
    1. IP semester adalah IP yang perhitungannya berdasarkan mata kuliah-mata kuliah yang ditempuh selama satu semester tertentu.
    2. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) adalah IP yang perhitungannya berdasarkan seluruh mata kuliah yang telah ditempuh.
  1. Cara Menghitung IP dan IPK
Perhitungan IP :
Maksud dari rumus tersebut adalah bahwa Indeks Prestasi (IP) merupakan angka rata-rata yang diperoleh dari perhitungan sebagai berikut :
"Jumlah perkalian nilai mata kuliah yang dicapai (N) dengan SKS yang ditempuh (K) dibagi dengan jumlah SKS yang diambil (K)".
Contoh :
Seorang mahasiswa Program Studi MPD bernama Neny telah menyelesaikan perkuliahan Semester Gasal Pertama (Semester I) dengan hasil sebagai berikut :




IP semester yang diperoleh Neny adalah :
51 : 17 : 3,0


Bobot Nilai


Jumlah SKS yang dapat diambil
  1. Beban studi yang diperkenankan diambil oleh mahasiswa tergantung kepada IP yang diperoleh mahasiswa dalam satu semester.
  2. Pedoman pengambilan SKS adalah sebagai berikut :
sumber : http://stialan.ac.id/BodyEvaluasi.htm
Gambar : google.com
Reaksi:

1 komentar:

bagaiman cara bikin hamster di blogspot makasih,