Senin, 02 Agustus 2010

Desain Gui Matlab

DESAIN APLIKASI GUI MATLAB

1. Membuka Figure
Untuk membuat sebuah desain GUI, kita dapat memulainya dangan mengklik tombol Start Matlab dan memilih MATLAB, lalu mengklik GUIDE (GUI Builder) atau dari command matlab, kita ketikkan:
>>guide
Maka, kita akan mendapatkan sebuah kotak dialog GUIDE Quick Start yang memiliki beberapa pilihan. Pilihlah Blank GUI (default) agar menampilkan jendela layout figure GUI.
2. Align Object
Dalam membuat desain aplikasi, kita sangat memerlukan kerapian antarobyek agar menghasilkan desarn aplikasi yang cantik. Untuk mengatur obyek agar memiliki jarak atau spasi, baik secara verlikal maupun horizontal, GUIDE rnenyediakan fasilitas align objects yang diperlihatkan gambar benkut:
3. Grid dan Ruler
Selain align objects, GUIDE matlab menyediakan pula fasilitas grid dan ruler (obyek penggaris tepi). Untuk mengaktifkannya, kita bisa mengklik menu tools, lalu memilih grid and ruler agar muncul kotak dialog Grid and Ruler.
4. Property Inspector
Properfy inspector bukanlah sebuah kontrol dari GUL Justru property inspector inilah yang memungkinkan kita memodifikasi atau mengahr semua properti untuk satu atau lebih insftumen obyek kontol atau komponen. property inspector menyediakan semua kebutuhan yang dapat dilakukan untuk mengatur obyek dan menampilkan semua nilai yang aktif saat ini. Kita dapat
melihat properti yang telah diatur pada sederetan daftar di dalamnya. Daftar terhubung dengan sebuah perangkat yang ada pada monitor.
CONTOH APLIKASI
Bab IV berisi beberapa contoh yang menggambarkan teknik+eknilq yang bermanfaat dalam mengimplementasikan GUI. Setiap contoh moryediakan aplikasi sesungguhnyab, aik dalam bentuk figure GUI, dalam bentuk FIG-file pada layout editor GUIDE, maupun aplikasi M-file yang dapat dilihat pada editor matlab. Beberapa contoh yang diberikan adalah:
• Kotak dialog untuk konfirmasi sebuah aplikasi
• Axes untuk menggambar grafik fungsi kuadrat
1. Kotak Dialog untuk Konfirmasi Sebuah Aplikasi
Contoh berikut mengambarkan bagaimana menampilkan sebuah kotak dialog ketika kita akan menutup sebuah aplikasi GUI. Tujuan kotak dialog adalah memberikan konfirmasi kepada user apakah benar-benar akan menutup aplikasi GUI-nya atau tidak.
Kita tentu ingin melindungi program aplikasi dari aktivitas penutupan aplikasi, baik yang disengaja maupun tidak disengaja. Manfaatnya adalah manghindari hilangnya informasi berharga yang telah kita dapatkan. Untuk mengantisipasinya, kita memerlukan sebuah dialog yang dipakai sebagai konfirmasi sebelum menutup sebuah aplikasi.
Untuk membuat aplikasi, kita dapat melakukan langkah-langkah berikut:
- Masuklah ke GUIDE.
- Pilih Blank GUI (Default) agar kita dibawa ke figure kosong.
- Buatlah sebuah pushbutton, kemudian atur property string-nya dengan mengklik kanan pilihan Property Inspector dan mengisi dengan ' Tutup'.
- Buatlah sebuah static text dan isikan properly String dengan 'Contoh Untuk Menutup Aplikasi'.
- Selanjutrya, atur property name pada figure dengan kata 'Aplikasi'.
- Maka, kita akan memperoleh bentuk figure sebagai berikut:
- Kemudian, simpanlah figure. misalnya dengan nama menutup_aplikasi.fig. Ingat bahwa saat kita menyimpan fig-file secara otomatis kita pun akan diberikan sekaligus disimpankan sebuah m-file dengan nama yang sama.
- Akibat langkah sebelumnya, maka saat ini kita akan mendapakan sebuah m -file yang otomatis terbuka di layar editor.
- elanjubrya kita harus melengkapi m-file pada rutin callback-nya.
- Carilah rutin callback untuk komponen pushbutton1 dan tambahkan beberapa baris program, sehingga menjadi sebagai berikut:

Questdlg merupakan sebuah frurgsi matlab yang berfungsi memanggil kotak dialog modal yang berisi dua pushbutton, yaitu ya atau tidak Selanjutaya, jika kita mengklk salah satu pushbutton, maka akan dibandingkandengan fungsi strcmpQ. Jika tidah maka kita akan dibawa kembali ke
figure semula. Jika ya, maka statemen delete(hand1es.figure) akan dikerjakan dan mengakibatkan figure yang akif saat ini akan dihapus.
Selanjutrya, kita dapat kembali ke layout editor untuk menjalankan program aplikasi dengan mengklik tombol panah atau dan menu Tools dengan mengklik Run.
2. Axes untuk Menggambar Grafik Fungsi Kuadrat
- Bukalah sebuah figure kosong GUIDE.
Jika sudah lengkap dan kita sudah mengatur semua property yang diberikan, maka simpanlah figure misalnya dengan nama contoh_axes.fig. Kemudian, bukalah m-filenya dan tambahkan beberapa kode program pada fungsi pushbuttonl-callback.




Statemen min: str2double(get(handles.editl,'string')); digunakan untuk menangkap nilai string pada kotak edit1 yang dikonversi ke numerik dan dimasukkan ke variabel min, dan demikian pula untuk nilai max. Kemudian, kita membuat sebuah rentang nilai x sebagai variabel bebas dari min sampai max dengan penambahan 0.1. Selanjutnya, hitunglah nilai y sebagai variabel terikat dengan formula y: x.^2. Hal ini sebenamya tidak lain adalah fungsi kuadratnya. Kita dapat pula
mengubah formula jika ingin membuat fungsi yang berbeda, misalnya y = x.^3 atau yang lainnya. Untuk menampilkan grafik persamaan kuadrat ke sebuah axes, kita harus mengatur agar axes yang aktif adalah axesl dengan menggunakan statemen axes(handles.axesl), lalu statement plot(x,y).
Simpan kembali m-file dan kembalilah ke figure untuk menjalankan aplikasinyaM. isalnya, kita memberikanb atasan min= - 4 dan max=4, maka kita akan memperoleh
MENU GUI
Dalam GUI, matlab memungkinkan kita membuat menu. Dengan menggunakan menu, program kita akan terasa lebih terorganisasi. Kemudian, pemakai akan merasa lebih enjoy karena mereka merasa terbimbing dalam menjalankan aplikasi.
Ada dua jenis menu yang disediakan oleh GUIDE, yaitu:
• Menu bar
Menu bar maupakan menu GUI matlab yang ditampilkan pada figure dan terletak di atas seperti halnya menu pulldown. Pada menu bar, kita dapat menempatkan menu utama di bagian atas, kemudian submenu di bawahnya. Selanjutrya, kita pun masih bisa menernpatkan submenu lain yang lebih bawah.
• Contextmenu
Meru yang akan ditampilkan jika kita mengklik kanan mouse pada obyek grafis.
Kita dapat melihat contoh aplikasi menu pada Gambar 5.1.
Kita dapat membuat kedua jenis menu di atas, baik menu bar maupun menu context melalui menu editor. Klik menu Tools, lalu pilih menu editor.
1 Menu Bar
Untuk membuat menu, kita harus mempersiapkan nama-nama menu sekaligus masing-masing menu item-nya. Setiap menu item dapat memiliki submenu dan setiap item dapat memiliki submenu lagi, begitu seterusnya
Maka, langkah awal yang kita lakukan adalah membuka Menu Editor, baik melalui toolbar Menu Editor maupun dari menu Tools dan pilih Menu Editor. Kemudian, kliklah Create a new menu, sehingga akan tampil kotak dialog sebagai berikut:
Kliklah Untitled 1, lalu isikan nama menu pertama, yaitu File pada kotak label serta nama rutin callback-nya pada kotak tag. Selanjutlya, kita akan menjumpai tampilan sebagai berikut:
Kotak dialog callback terisi %oautomatic, berarti pada m-file-nya nanti nama callback akan dituliskan secara otomatis sesuai dengan nama tag-nya.
Kemudian, untuk membuat menu item dari menu File, langkah-langkah yang diperlukan adalah:
• Klik menuFile
• Klik menu item
• Selanjutnya, klik Untitled 2 dan isikan nama item-nya, yaitu Buka, pada kotak label dan nama rutin callback, misalnya file buka pada kotak tag.
Begitu seterusnya, sehingga semua menu item yang ada di bawah menu telah terbuat. Kita harus melakukan langkah yang sama pada pembuatan dua manu berikutrya, yaitu menu proses dan Help. Dangan demikian, jika kita sudah melakukan semuanya.
Kita dapat melihat bahwa antara menu item Cetak dan Keluar terdapat gans pemisah yang dapat kita lakukan dengan mengklik checkbox Separator above this item.
2. Context Menu
Context menu akan ditampilkan jika pemakai melakukan klik kanan pada sebuah obyek. Melalui Menu Editor, kita dapat mendefinisikan context menu dan menggabungkannya dengan obyek-obyek.
Semua item di dalam context menu adalah bagian context menu yang tidak akan ditampilkan pada figure menu bar. Untuk mendefinisikan menu induk pilihlah New Context Menu dari toolbar Menu Editor.
Untuk menambahkan item-item ke dalam sebuah context menu, kita dapat menggunakan New Menu Item pada toolbar Menu Editor. Selanjutrya, masukkan label dan rutin callback masing-masingp adak otak tag dan callback.
Kemudian, untuk menghubungkan contex menu ke sebuah obyek kita dapat melakukan langkah-langkah berikut:
- Pilihlah sebuah obyek pada layout editor yang akan kita berikan context menu.
- Gunakan property inspector untuk mangatumya melalui UlContexMenu dan pilihlah yang sesuai.
- Tambahkan sebuah fungsi rutin callback pada m-file untuk masing-masing callback. Fungsi rutin callback nantinya akan mengeksekusi ketika kita memilih item context menu.
Reaksi:

2 komentar:

[url=http://cialisonlinehere.com/#wsiyl]cialis online[/url] - cheap cialis online , http://cialisonlinehere.com/#dvfdk cialis without prescription

hello.
gan,bagaimana cara membuat backroud pada tools axes?mohon infonya